Search This Blog

Swarnadwipa, Motif Batik Ekslusif Karya Pengrajin Rusunawa

Suara.com - Motif batik terbaru karya pengrajin lokal dari para ibu di Rusunawa, Jakarta Timur, hadir untuk menambah koleksi batik nusantara. Motif batik ini merupakan motif eksklusif yang diberi tema Swarnadwipa.

Iwet Ramadhan sebagai Co-Founder dari JKT Creative sekaligus desainer batik menjelaskan, batik eksklusif yang bertemakan Swarnadwipa memiliki arti tanah emas.

Motifnya tersusun atas kombinasi tanahan dan buketan klasik batik Pekalongan sedangkan aksen lingkaran merupakan simbolisasi dari bibit yang membuat tanah ini menjadi subur dan mencapai keemasannya.

Batik Swarnadwipa merupakan hasil kolaborasi JKT Creative dan Shopee yang memiliki visi ingin memberdayakan para ibu dari Rusunawa Pulogebang untuk membuat motif batik yang unik khasnya sendiri.

Motif batik eksklusif yang bertemakan Swarnadwipa ini berarti tanah emas ini nantinya akan digunakan sebagai seragam oleh representatif Shopee dan juga merchandise seperti pouch, totebag, t-shirt, dan scarf.

"Kain batik ini terinspirasi dari harapan kami agar Indonesia kembali meraih kejayaannya melalui UKM yang tumbuh dan berkembang di negeri ini," papar Iwet yang ditemui Suara.com saat konferensi pers Batik Shopee, Jumat (29/6/2018).

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, Shopee juga akan terus berupaya untuk mengambil peran aktif dalam mengembangkan potensi produk lokal Indonesia.

Melalui peluncuran Batik Shopee, kami berharap dapat mendorong perkembangan ekonomi digital dan meningkatkan kapasitas diri para pelaku usaha lokal khususnya pengrajin batik.

Inisiatif ini juga turut dilatarbelakangi oleh potensi batik di Kreasi Nusantara yang menunjukkan respon yang positf. Semoga peluncuran batik ini dapat menginspirasi masyarakat untuk meningkatkan kecintaan mereka akan warisan budaya lokal.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/lifestyle/2018/06/29/203244/swarnadwipa-motif-batik-ekslusif-karya-pengrajin-rusunawa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Swarnadwipa, Motif Batik Ekslusif Karya Pengrajin Rusunawa"

Post a Comment

Powered by Blogger.