Search This Blog

Sering Menelan Obat Tanpa Minum Air Putih, Awas Risiko Fatal Ini!

Suara.com - Hati-hati bagi Anda yang lebih memilih menelan obat tanpa minum air putih, karena bisa membahayakan kesehatan.

Ya, sebagian orang memang ada yang mengonsumsi obat-obatan tanpa minum air putih. Mereka kerap menggunakan pisang atau langsung menelan butiran obat ke saluran tenggorokan.

Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan ini bisa berakibat fatal? Seperti dilansir laman Times of India, menelan pil tanpa air dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan Anda. Hal ini karena pil atau tablet bisa menyebabkan robekan kecil saat melewati tenggorokan.

Selain itu mengonsumsi pil tanpa air juga dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di kerongkongan. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka Anda akan berisiko mengalami nyeri ulu hati bahkan perdarahan.

Kerongkongan yang tidak memiliki saraf membuat Anda tak bisa merasakan secara langsung nyeri di bagian tubuh tersebut. Esofagus sendiri terdiri dari jaringan halus dan dapat rusak jika pil tersumbat di dalamnya.

Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi berat dan perdarahan yang menyakitkan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Turkish Journal of Gastroenterology menemukan bahwa setiap jenis obat dapat menyebabkan luka di kerongkongan. Bahkan vitamin C yang dikonsumsi dengan cara di kunyah dapat menyebabkan masalah.

Oleh karena itu, lebih baik Anda menelan obat dengan air atau melarutkannya dalam ludah terlebih dahulu kemudian menelannya. Pastikan pula Anda menelan pil sambil berdiri atau duduk dan jangan pernah melakukannya sambil berbaring.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/06/30/200000/sering-menelan-obat-tanpa-minum-air-putih-awas-risiko-fatal-ini

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sering Menelan Obat Tanpa Minum Air Putih, Awas Risiko Fatal Ini!"

Post a Comment

Powered by Blogger.