Search This Blog

Pilkada 2018, Perempuan Lebih Banyak Mencoblos Ketimbang Pria

Suara.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) Arief Budiman mengungkapkan, partisipasi kaum perempuan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 sangat tinggi bila dibandingkan dengan pria.

Namun, dia mengatakan bahwa angka tersebut merupakan angka sementara, karena proses di KPU masih terus berlanjut.

"Pertama, angka partisipasi itu angka sementara ya, karena memang kan proses masih berjalan terus memasukkan datanya," katanya dalam diskusi bertajuk 'Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

Selain, partisipasi yang tinggi, daftar pemilih tetap (DPT) juga didominasi oleh kaum perempuan. Namun, dia tidak bisa menjelaskan apakah karena hal itu, sehingga di Jawa Timur calon yang menang adalah perempuan.

"Kedua dari data sementara itu terlihat partisipasi perempuan lebih tinggi daripada partisipasi laki-laki, jumlah pemilih perempuan juga tercatat sedikit lebih banyak daripada pemilih laki-laki," kata Arief.

Arief tidak mengetahui alasan tingginya partisipasi perempuan pada Pilkada kali ini. Untuk itu, dia mempercayakannya kepada lembaga survei dan pengamat politik untuk memastikannya.

"Saya pikir ahli survei bisa menjelaskan kenapa perempuan jauh lebih banyak partisipasinya daripada laki-laki?," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/news/2018/06/30/140219/pilkada-2018-perempuan-lebih-banyak-mencoblos-ketimbang-pria

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pilkada 2018, Perempuan Lebih Banyak Mencoblos Ketimbang Pria"

Post a Comment

Powered by Blogger.