Search This Blog

Maybank Luncurkan Kartu ATM Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional

Suara.com - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) meluncurkan kartu ATM/debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang digagas oleh Bank Indonesia sebagai perwujudan integrasi dan intermediasi antarbank.

"Kami telah 100 persen memenuhi ketentuan GPN. Kartu debit berlogo nasional ini dapat digunakan di seluruh mesin 'electronic data capture' (EDC), yang tersebar di seluruh Indonesia milik Maybank," kata Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia Jenny Wiriyanto di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Jenny mengatakan kartu tersebut juga memberi kemudahan transaksi jual beli online (e-commerce) yang dilakukan melalui jaringan domestik.

Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia Pungki P Wibowo mengatakan Maybank Indonesia merupakan bank swasta pertama yang menyantumkan logo GPN di kartu ATM/debit.

"Ini sangat bagus dalam hal integritas nasional, kita mempunyai Gerbang Pembayaran Nasional untuk pembayaran yang aman, efisien dan lancar," katanya.

Pungki menjelaskan hingga Februari 2017, terdapat 168 juta kartu ATM yang beredar di Indonesia, naik 21,74 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Namun, meski jumlahnya besar, masih ada fragmentasi inefisiensi dan isu keamanan pada konsumen karena industri cenderung membangun infrastrukturnya sendiri.

"BI meyakini sepenuhnya bahwa GPN menjadi solusi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dengan menciptakan sistem pembayaran yang saling terkoneksi," katanya.

Dengan GPN, Indonesia akan memiliki logo domestik, sebagai identitas kedaulatan nasional yang dapat diterima dan diproses di seluruh toko di wilayah NKRI dengan cakupan penerimaan yang luas dengan harga yang wajar, efisien, inovatif dan mampu bersaing dengan logo internasional. BI menargetkan pada Juni 2018 seluruh kartu dari semua bank dapat diterima di seluruh mesin dari bank manapun di Indonesia. Peluncuran kartu berlogo GPN paling lambat akan dilakukan pada 31 Maret 2018.

"Saat ini penggunaan sudah dilakukan di kartu sehat untuk pegawai BUMN dan di Samsat untuk kartu dari bank tertentu juga ada yang sudah pakai logo GPN," katanya. (Antara)

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/bisnis/2018/03/29/185805/maybank-luncurkan-kartu-atm-berlogo-gerbang-pembayaran-nasional

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Maybank Luncurkan Kartu ATM Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional"

Post a Comment

Powered by Blogger.