Search This Blog

Incar Olimpiade, Zohri "Bocah Ajaib dari Lombok" Ikuti Ajang IAAF

Suara.com - Sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri diproyeksikan PB PASI tampil di Olimpiade 2020 Tokyo. Untuk menggolkan proyeksi itu, Zohri akan diikutsertakan ke turnamen atletik internasional, IAAF Diamond League 2019.

Tak mudah untuk meraih tiket ke Olimpiade 2020 Tokyo. Sebab, Federasi Atletik Dunia (IAAF) punya ketentuan baru terkait kualifikasi Olimpiade 2020.

Untuk nomor lari 100m putra hanya akan diikuti oleh 56 atlet terbaik yang didasari dari gabungan result score dan placing score dari lima turnamen IAAF yang diikuti seorang atlet.

Baca Juga: Terbawa Irama, The Minions Susah Payah ke Semifinal Jepang Open

"Poin hanya diambil dari hasil rata-rata lima turnamen. Lima turnamen itu pilihan kita sendiri. Semakin tinggi level kompetisi, maka semakin besar poin yang didapat," jelas Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung, saat ditemui di pelatnas atletik, Permata Hijau, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Salah satu turnamen yang akan diikuti Zohri, yakni SEA Games 2019. Namun, untuk meningkatkan peluang tampil di Olimpiade 2020, PASI ingin Zohri tampil di ajang IAAF Diamond League 2019.

Pelari nasional, Lalu Muhammad Zohri, mengibarkan bendera Merah Putih usai menjuarai nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). [Dok. PASI]
Pelari nasional, Lalu Muhammad Zohri, mengibarkan bendera Merah Putih usai menjuarai nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). [Dok. PASI]

Meski begitu, rencana keikutsertaan Zohri di ajang IAAF Diamond League tak semudah seperti membalikkan telapak tangan.

Sebab, sprinter yang dijuluki "Bocah Ajaib dari Lombok" itu terlebih dahulu harus mendapat undangan dari panitia penyelenggara.

"Saya rekomendasikan Lalu Muhammad Zohri ini ikut ke Diamond League. Tapi itu kan harus diundang. Jadi kita harus meyakinkan penyelenggara atau race director-nya supaya mengundang Lalu," ujar Tigor.

Sekjen PB PASI Tigor Tanjung saat ditemui di pelatnas atletik, Permata Hijau, Jakarta, Kamis (13/9/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]
Sekjen PB PASI Tigor Tanjung saat ditemui di pelatnas atletik, Permata Hijau, Jakarta, Kamis (13/9/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]

Diamond Legaue merupakan kompetisi IAAF yang memiliki level satu tingkat dibawah Kejuaraan Dunia Atletik.

Kompetisi tahunan atletik ini memiliki perhitungan poin cukup tinggi, yakni 125 poin untuk peringkat terendah—peringkat delapan—dan 450 poin untuk peringkat teratas.

"Kita usahakan Lalu Muhammad Zohri ke IAAF Diamond League karena disitu persaingannya tinggi. Misal Lalu dapat peringkat yang bagus di sana, dia akan dapat skor (tinggi) juga," pungkasnya.

Baca Juga: Tak Kuat Lagi Balapan MotoGP, Pedrosa Jadi Pebalap Penguji KTM?

Nama Lalu Muhammad Zohri sempat menjadi buah bibir di Tanah Air. Hal ini setelah dirinya menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Juli lalu.

IAAF Diamond League 2019 akan berlangsung sebanyak 13 seri. Seri perdana digelar di Doha, Qatar, 3 Mei 2019. Seri terakhir di Brussels, Belgia pada 6 September 2019.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/sport/2018/09/14/160814/incar-olimpiade-zohri-bocah-ajaib-dari-lombok-ikuti-ajang-iaaf

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Incar Olimpiade, Zohri "Bocah Ajaib dari Lombok" Ikuti Ajang IAAF"

Post a Comment

Powered by Blogger.