Search This Blog

Duh Senyawa pada Plastik Bisa Bikin Mr P Kecil

Suara.com - Belakangan ini berbagai pihak tengah aktif menggalakkan pengurangan sampah plastik. Mulai dengan membawa tas sendiri saat berbelanja ke supermarket, hingga menghindari penggunaan sedotan plastik.

Selain demi ramah lingkungan, ada alasan lain yang membuat Anda harus menghindari penggunaan plastik sehari-hari. Dr. Andrew Pask dan Dr. Mark Green, dari University of Melbourne mengatakan bahwa senyawa Phthalates, BPA dan parabens yang terdapat dalam plastik berperan dalam peningkatan jumlah bayi laki-laki yang lahir dengan kondisi cacat genital yakni penis berukuran kecil.

"Di Australia, bayi laki-laki yang lahir dengan kondisi penis kecil meningkat dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir karena penggunaan plastik," ujar dr Pask.

Untuk mengarah pada temuan ini, dr Pask dan Green menganalisis efek pada manusia dan hewan ketika terpapar dengan bahan kimia. Mereka menemukan bahwa paparan senyawa kimia dalam plastik dapat memicu kondisi hypospadia, di mana dapat menyebabkan kelainan bentuk penis. Penis dapat melengkung ke arah bawah akibat tarikan kulit di sekitar uretra.

Pask dan Green meyakini bahwa mereka adalah satu-satunya ilmuwan Australia yang mempelajari efek bahan kimia pada reproduksi lelaki. Bahan kimia tersebut termasuk BPA dalam kemasan plastik, paraben yang digunakan dalam pasta gigi dan produk kecantikan serta atrazin dalam pupuk kimia.

"Paparan bahan kimia ini menjadi penyebab masalah reproduksi nomor satu untuk lelaki," kata Pask.

Orangtua kata Pask harus mewaspadai penggunaan wadah makanan bayi berbahan plastik karena dikhawatirkan senyawa BPA dapat merembes ke makanan.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/health/2018/07/28/155433/duh-senyawa-pada-plastik-bisa-bikin-mr-p-kecil

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh Senyawa pada Plastik Bisa Bikin Mr P Kecil"

Post a Comment

Powered by Blogger.