Search This Blog

Bersatu Dalam Asian Games, Dua Korea Bersiap Latihan Gabungan

Suara.com - Sejumlah atlet Korea Utara yang akan tampil di Asian Games 2018 telah tiba di Bandara Udara Incheon, Korea Selatan, pada Minggu (29/7/2018). Kedatangan mereka untuk berlatih gabungan dengan atlet-atlet Korsel.

Untuk diketahui, dua Korea ini sepakat untuk tampil gabungan dan bersatu pada tiga cabang olahraga dalam Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September mendatang.

Ketiga cabor tersebut, antara lain perlombaan dayung perahu naga, bola basket putri, dan tiga nomor rowing.

Baca Juga: Tandem dengan Lorenzo, Marquez : Saya Tidak Gentar

Mengenakan pakaian biru muda, sebanyak 34 delegasi Korut—tiga pebasket dan pelatih mereka, 18 atlet kano dan delapan atlet rowing, dan empat staf ofisial—tiba di Incheon sekitar pukul 15.30 waktu setempat, melalui Beijing, Cina.

Mendapat pengawalan ketat dari aparat berwenang Korsel, delegasi Korut langsung keluar bandara tanpa berkomentar sepatah kata pun pada awak media yang telah menunggu mereka.

Mereka langsung melanjutkan perjalanan ke Chungju, 150 km selatan Ibu Kota Seoul, tempat mereka latihan bersama atlet Korsel dan menginap selama beberapa pekan, sebelum bertolak ke Indonesia mengikuti Asian Games 2018.

Atlet, pelatih, dan ofisial Korut tiba di Bandara Udara Incheon, Korsel, untuk menjalani latihan gabungan Dua Korea sebagai persiapan menghadapi Asian Games 2018, Minggu (29/7). [AFP]
Atlet, pelatih, dan ofisial Korut tiba di Bandara Udara Incheon, Korsel, untuk menjalani latihan gabungan Dua Korea sebagai persiapan menghadapi Asian Games 2018, Minggu (29/7). [AFP]

Ini merupakan pertama kalinya dua Korea bergabung membentuk tim terpadu untuk bertanding di Asian Games.

Olahraga, tepatnya Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang, telah membuat dua Korea bersatu setelah ketegangan politik antar kedua negara yang sering terjadi hingga saat ini pasca Perang Korea 1950-53.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (30/7/2018), Presiden Joko Widodo juga secara resmi telah mengundang kedua pemimpin Korea untuk menghadiri Asian Games 2018. Namun, belum ada tanggapan dari kedua pemimpin Korea.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Dimulai, Ini Wakil Indonesia yang Turun Hari Pertama

Sementara itu, menurut Federasi Kano Korsel (KCF), para atlet kano Korut akan latihan gabungan dengan atlet Korsel di Chungju Tangeum Lake International Rowing Center di Chungju.

"Atlet mereka (Korut) terlihat sangat kecokelatan (kulitnya). Mereka pasti berlatih keras," ujar Wakil Presiden KCF, Cho Hyun-sik, yang sempat berbincang singkat dengan pelatih kano Korut, Kim Kwong-choi, dikutip dari Korea Herald.

Let's block ads! (Why?)

https://www.suara.com/sport/2018/07/30/141400/bersatu-dalam-asian-games-dua-korea-bersiap-latihan-gabungan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bersatu Dalam Asian Games, Dua Korea Bersiap Latihan Gabungan"

Post a Comment

Powered by Blogger.